Kunjungan Monitoring Lokasi Revitalisasi Kanal Banten Lama

Kunjungan Monitoring Lokasi Revitalisasi Kanal Banten Lama

SERANG – Sesuai dengan arahan Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) yang hendak merevitalisasi Kawasan Banten Lama guna menjaga kelestarian budaya, serta merawat dan menata kembali demi mengembalikan Kejayaan Banten. Selain itu, revitalisasi dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keindahan bagi para pengunjung. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten akan mulai menggarap kembali program revitalisasi kanal Banten Lama tahap III di Tahun Anggaran 2020.

Tim Dinas PUPR Provinsi Banten melakukan monitoring terhadap kondisi existing di dua titik kanal Banten Lama pada senin pagi (10/2). Sebelumnya, tahun 2019 penanganan revitalisasi kanal Banten Lama dilaksanakan di sisi selatan Keraton Surosowan.

“Untuk yang akan kita lakukan pada tahun ini ada dua titik yaitu sisi utara dan timur. Untuk penanganan di sisi utara akan dilakukan pengerukan untuk pengangkatan lumpur dengan panjang penanganan kurang lebih 1 kilo meter dan akan dibangun tembok penahan tanah (TPT) kurang lebih 100 meter, sementara untuk normalisasi akan dilakukan sampai tepi pantai.” Ujar salah satu tim teknis PJSA Dinas PUPR Provinsi Banten, H. Sanuri.

Untuk titik utama dari revitalisasi tahap III ini berada di sisi timur Keraton Surosowan, dengan tujuan melakukan normalisasi dengan mengembalikan kondisi semula, dimana Keraton Surosowan sebelumnya dikelilingi oleh kanal Banten Lama sampai ke sisi utara. Di sisi kiri akan ada jalur pedestrian sementara sisi kanan akan dibuat jalur inspeksi untuk mempermudah apabila ada perbaikan dan lain sebagainya. Panjang penanganan normalisasi kanal sisi timur ini akan dilaksanakan kurang lebih sepanjang 200 meter, menyambungkan sisi selatan.