Jalan Provinsi Banten Dalam Kondisi Baik

Jalan Provinsi Banten Dalam Kondisi Baik

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menyatakan, progres pembangunan jalan Provinsi Banten yang telah dilaksanakan di antaranya adalah pembangunan jalan kewenangan Provinsi Banten yang tinggal 14 kilometer.

Menurut WH, selain Kawasan Kesultanan Banten (KKB), Pemprov Banten akan meneruskan pembangunan ke Syech Mansyur di Cikaduen, Syech Asnawi di Caringin, termasuk tempat kelahiran Syech Nawawi di Tanara.

“Kita akan bangun infrastruktur menuju tempat-tempat religi tersebut,” tegas Gubernur Banten Wahidin Halim, Rabu (18/9/2019).

Dalam beberapa kesempatan, Gubernur WH juga menegaskan dan menargetkan Tahun 2020 Jalan Provinsi Banten Mantap.

Selain pembangunan jalan ada kewenangan provinsi merawat jalan yang rusak melalui UPTD -UPTD di PUPR Banten.

Dijelaskan, jalan millik provinsi Banten di kabupaten/kota saat ini sudan dalam kondisi baik dan juga ada yang sedang dalam penanganan pelebaran. Salah satu jalan yang mengalami pelebaran di Kota Serang adalah Jalan Syech Nawawi Al Bantani, ruas Palima – Pakupatan yang menghubungkan Jalan Raya Pandeglang juga Jalan Raya Jakarta tanpa harus masuk jalur padat di Kota Serang.

Bahkan untuk ruas Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) – Boru, telah memiliki 8 lajur. Masing-masing arah memiliki 2 lajur cepat dan 2 lajur lambat.

Di Kota Serang, Pemprov Banten saat ini sedang melakukan penataan dan pembenahan pedestrian dan drainase di Jalan Sudirman ruas Taman Patung Debus (patung) hingga perlintasan rel kereta api kawasan Kemang Kota Serang. Salah satu jalur padat di Kota Serang.

Di jalur yang menjadi akses keluar masuk ke Pintu Tol Serang Timuri ini terdapat pusat perbelanjaan dan rumah sakit. Ruas ini juga menjadi pilihan para calon penumpang angkutan umum bus antar kota yang tidak ingin naik bus dari Terminal Pakupatan Kota Serang.

Gubernur WH juga menyorot drainase yang pada ruas jalan ini. Saat hujan deras, dari putaran balik Taman Patung Debus hingga Gerbang Perumahan Highland Park (KSB) serta di tikungan menuju akses Pintu Tol Serang Timur seringkali terjadi genangan air.

Pembenahan trotoar, drainase, pembangunan taman, serta jalan protokol di Kota Serang yang menjadi kewenangan Pemprov Banten menjadi perhatian Gubernur WH. Menjadikan Kota Serang layak huni dan sekaligus kelayakan Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten.

Dijelaskan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim, Di wilayah selatan, Pemprov Banten juga sedang membangun jalan ruas Tanjung Lesung – Sumur, ruas Picung – Munjul, ruas Cipanas – Warung Banten, ruas Munjul – Cikaludan – Cikeusik, ruas Ciseuket – Sobang – Tela, serta Bayah – Cikotok. Dua ruas jalan lainnya masih dalam proses lelang.

Di wilayah utara, Pemprov Banten sedang membangun jalan ruas Mauk – Teluk Naga, ruas Simpang Bitung – Curug, ruas Cisauk – Jaha, ruas Parigi – Sukamanah, ruas Serpong Raya, serta ruas Ciomas – Mandalawangi. Beberapa masih dalam proses lelang.

Selain melakukan pembangunan dan pelebaran jalan, Pemprov Banten juga melakukan pembenahan dan penataan drainase serta pedestrian. Termasuk pula pembangunan dan pelebaran jembatan pada jalan yang yang sedang ditingkatkan dan dilakukan pelebaran.

Gubernur Banten Wahidin Halim kembali menargetkan, awal tahun 2020 jalan kewenangan provinsi yang ada di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, jalan berkondisi baik,” ucapnya

Saat ini ruas alan milik Provinsi Banten wilayah Serang-Cilegon sepanjang 238,13 kilometer yang berada di 2 Kota dan 1 Kabupaten ditargetkan bulan Oktober 2019 sudah berkondisi baik atau sudah bagus tidak Rusak.

Dalam peta kondisi jalan sepanjang tahun 2019 sejak Januari 2019 Ruas Jalan saat ini berkondisi baik sepanjang 171,638 Kilo meter, kodisi sedang 30,087, sedangkan rusak ringan 30,405 kilometer dan Rusak berat 7, kilometer yang saat ini sedang ditangani oleh paket pembangunan pada Dinas PUPR Banten.

Ruas Jalan Provinsi Banten yang ditangani UPTD Serang – Cilegon Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten.

Ruas Jalan Provinsi Banten di Wilayah Kota Serang : Pakupatan – Palima, Lopang-Banten Lama, Jl. Trip Jamaksari, Jl. Ayip Usman, Jl. Ahmad Yani, Jl. TB. Ahmad Khotib, Jl. Yumaga, Jl. Mayor Safei, Jl. Raya Cilegon, Jl. Veteran, Jl. Kh. Syamun, Jl. Akses Pelabuhan Karangantu, Sempuh Dukuh Kawung, Simpang Taktakan-Gn.Sari.

Ruas Jalan Provinsi Banten Pada Wilayah Kabupaten Serang : Kramatwatu-Tonjong, Gn.sari-Mancak-Anyer, Palima-Pasar Teneng, Terate-Banten Lama, Banten Lama-Pontang, Pontang-Kronjo, Ciruas Pontang, Ciruas-Petir-Wr.Gunung, Parigi-Sukamanh, Ciomas – Mandalawangi.

Ruas Jalan Provinsi Banten Pada Wilayah Kota Cilegon : Jalan Yasin Beji, dan Jalan Industri.

Sudah masuk Jalan berkondisi Baik

Di tempat terpisah Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meminta semua elemen ikut membantu dan megawasi karna tanpa bantuan teman-teman LSM, Wartawan, Ormas juga warga Banten pembanguan semua jalan tidak berjalan dengan apa yang diharapkan.

“Semua ruas jalan kewenangan provinsi tahun ini sudah dalam kondisi baik, juga beberapa ruas jalan sedang dalam pelaksanaan pembanguan. dan target kita, Pa Gubernur Banten Wahidin Halim Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy tahun 2020 Kondisi Jalan Provinsi Banten Mantap,” Tegasnya.

Kepala Dinas PUPR Banten Hadi Suryadi didampingi Kepala UPTD Serang Cilegon Francisco. Semua ruas jalan 24 jam ditangani langsung sesuai aduan warga adanya jalan rusak pada jalan provinsi.

“Kondisi saat ini ruas jalan berkondisi baik. dan yg rusak sedang kita tangani melalui UPTD jalan dan jembatan. untuk penanganan cepat, kalau adanya jalan yg rusak silahkan adukan langsung,” ucapnya.

Kepala UPTD Jalan dan Jembatan Serang Cilegon, Francisco mengatakan selalu memantau ruas jalan di kab/kota, Serang, Cilegon siang dan malam. kami kerja selama 24 jam tanpa henti demi kenyamanan warga Banten dan kami turun langsung mengawasi dan ikut bekerja.

“Semua ruas jalan ada peltek dan pegawai yang selalu standby mengawasi jalan yang rusak juga langsung penanganan kalau ada yang rusak. Selain jalan rusak, kita melakukan pemeliharaan rutin pada drainase juga jembatan. Dan kami menargetkan akhir Oktober ruas Jalan Provinsi pada Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon berkondisi baik tidak ada yang rusak dan berlubang.” tegas Francisco. (Dhe/Red)
Sumber :
https://www.bantennews.co.id/jalan-provinsi-banten-dalam-kondisi-baik/