Penghargaan Indriya Mandrawa dari LAPAN untuk Dinas PUPR Provinsi Banten

Penghargaan Indriya Mandrawa dari LAPAN untuk Dinas PUPR Provinsi Banten

SERANG – Sejak tahun 2015, Deputi Bidang Penginderaan Jauh - LAPAN telah menyelenggarakan kegiatan serah terima data satelit penginderaan jauh kepada para pemangku kepentingan dan pengguna di Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, dan Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) sebagai sarana sosialisasi ketersediaan data dan informasi penginderaan jauh di LAPAN. Kegiatan ini sejak tahun 2018, sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh diberi nama sebagai Rakornas Citra Satelit Penginderaan Jauh. Pelaksanaan tersebut merupakan implementasi dari amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan.

Dalam rakornas ini selain para pemangku kepentingan dan pengguna data serta informasi penginderaan jauh, kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan dan badan yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional juga ikut dilibatkan, salah satunya adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten. Data satelit penginderaan jauh akan didistribusikan kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah serta telah dan akan dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan prioritas Pembangunan Nasional.

Rakornas Citra Penginderaan Jauh tahun 2021 selesai dilaksanakan secara virtual dengan tema “Inovasi pemanfaatan teknologi satelit penginderaan jauh untuk perencanaan kota, pemantauan hutan dan kebencanaan” yang akan menyajikan bagaimana data satelit penginderaan jauh telah dikembangkan untuk mendukung perencanaan kota pada pada Rabu lalu (27/1).

Dinas PUPR Provinsi Banten bersama dengan para peserta undangan lainnya turut menghadiri dan mengikuti rangkaian acara sebagai salah satu penerima penghargaan apresiasi Indriya Mandrawa tahun 2021, atas peran aktif dalam penggunaan data dan informasi serta penerima data satelit penginderaan jauh terbaru tahun 2020.