PRESS RELEASE : Pergeseran Pagu Anggaran Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Provinsi Banten 2020

PRESS RELEASE : Pergeseran Pagu Anggaran Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Provinsi Banten 2020

PRESS RELEASE
Nomor: 913/086-Humas/DPUPR/V/2020
 

Provinsi Banten memiliki jalan Kewenangan Provinsi sepanjang 762,028 km. Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten memiliki tanggungjawab untuk meningkatkan dan memelihara jalan tersebut. Begitu pun dengan jembatan kewenangan Provinsi sebanyak 415 jembatan dengan total bentang 6.539,3 m. Namun, sesuai dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Banten terkait penanganan wabah Covid-19, perlu adanya refocusing anggaran guna penanganan Covid-19. Akibatnya, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Provinsi Banten harus menyesuaikan dengan perubahan Pagu anggaran Covid-19.

Total pagu murni Dinas PUPR Provinsi Banten untuk pemeliharaan jalan dan jembatan di keempat UPTDJJ Wilayah Lebak, Pandeglang, Serang-Cilegon, dan Tangerang semula berjumlah Rp. 101.570.146.900,- (Seratus satu milyar lima ratus tujuh puluh juta seratus empat puluh enam ribu Sembilan ratus rupiah), berubah menjadi Rp. 28.622.540.450,- (Dua puluh delapan milyar enam ratus dua puluh dua juta lima ratus empat puluh ribu empat ratus lima puluh rupiah) guna mengelola serta memelihara jalan dan jembatan milik Kewenangan Provinsi. Sekitar 72% Pagu anggaran murni dialihkan untuk penanganan wabah Covid-19 dan hanya tersisa 28% untuk pengelolaan serta pemeliharaan jalan dan jembatan Kewenangan Provinsi. (Tahun Anggaran 2020, PEP)

Oleh sebab itu, perlu kami sampaikan berdasarkan anggaran yang saat ini terbatas maka pengelolaan serta pemeliharaan jalan dan jembatan Kewenangan Provinsi tidak dapat berjalan optimal. Pekerjaan ini akan dilakukan dengan mempertimbangkan skala prioritas dengan parameter melalui volume lintas harian rata-rata kendaraan (ruas jalan dan jembatan yang banyak dilalui kendaraan), jalur utama, dan kawasan perkotaan. Hal tersebut berlaku sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

(PRESS RELEASE HUMAS DINAS PUPR PROVINSI BANTEN)

 

 

Serang, Selasa 5 mei 2020

(KEPALA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG PROVINSI BANTEN)