Rencana Penanganan Permanen Jembatan di Ruas Jalan Cipanas-Warung Banten

Rencana Penanganan Permanen Jembatan di Ruas Jalan Cipanas-Warung Banten

PRESS RELEASE
630/117-PPIDP/DPUPR/VI/2020


Sesuai arahan dari Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) terkait penanganan jembatan yang rusak dan hanyut di ruas jalan Cipanas-Warung Banten pada awal Januari lalu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten terus melakukan upaya-upaya penanganan. Perlu disampaikan bahwa semula penanganan jembatan secara permanen akan dilaksanakan pada APBD TA 2020 melalui dana bencana yang sudah diajukan, namun karena adanya refocusing anggaran untuk penanganan wabah Covid-19 maka rencana ini akan diajukan kembali pada APBD TA 2021. Oleh sebab itu penanganan yang dilakukan oleh tim teknis dari Unit Pelayanan Teknis Daerah Jalan dan Jembatan (UPTDJJ) Wilayah Lebak Dinas PUPR Provinsi Banten masih bersifat sementara.


“Terkait penanganan di Cipanas-Warung Banten, Pemprov tidak diam dan abai justru kami sedang menyusun rencana agar penanganan jembatan yang bersifat permanen dapat tetap terlaksana. Kami akan coba mengajukan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Bappenas dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2021. Namun jika tidak memenuhi kriteria maka kami akan menjalankan rencana selanjutnya, yaitu mengajukan di APBD TA 2021.” Ujar Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, Moch. Tranggono.


Nantinya jika usulan RAPBD untuk tahun anggaran 2021 disetujui, maka Dinas PUPR Provinsi Banten akan melakukan lelang dini di bulan November 2020. Dengan harapan rencana penanganan tersebut dapat dilaksanakan pada Januari 2021. Pemerintah Provinsi Banten memang tidak tinggal diam dan abai melihat kondisi ini. Bahkan mulai dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) hingga Detail Engineering Design (DED) pun sudah disiapkan. Rencana pembangunan ini akan dilakukan pada 4 (empat) Jembatan yaitu Ciberang, Citagogag, Cinyiru, Cikarahkal.

Sementara itu, untuk antisipasi keadaan saat ini tim teknis UPTDJJ Wilayah Lebak Dinas PUPR Provinsi Banten akan kembali melakukan penanganan yang bukan bersifat permanen. Akan dibangun kembali jembatan darurat untuk menggantikan jembatan darurat sebelumnya yang rusak dan hanyut pada tanggal 4 Mei lalu. Saat ini, tim teknis masih dalam tahap persiapan pelaksanaan. Pekerjaan darurat yang akan dilakukan yakni dengan mengirim 2 buah backhoe untuk perbaikan tanggul yang ada. Sedang diusahakan untuk dapat dilaksanakan dengan segera, hanya saja masih terkendala dengan proses pencairan APBD yang terbatas.


Menurut informasi dari tim di lapangan, masyarakat sekitar ingin membantu untuk berpartisipasi dalam pembangunan jembatan ini. Tentunya Pemerintah Provinsi Banten dalam hal ini mengucapkan terima kasih banyak, juga akan mengapresiasi setinggi-tingginya atas peran serta dari masyarakat yang aktif dan positif. Semoga semua proses ini dapat berjalan lancar agar mobilitas warga tidak lagi terhambat, serta kami dapat memberikan akses secara permanen.
(PRESS RELEASE PPID PEMBANTU DINAS PUPR PROVINSI BANTEN)

 
Serang, Rabu 24 Juni 2020
(KETUA PPID PEMBANTU DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG PROVINSI BANTEN)