Tugu Pamulang Dalam Perubahan Anggaran Dinas PUPR Provinsi Banten TA. 2021

Tugu Pamulang Dalam Perubahan Anggaran Dinas PUPR Provinsi Banten TA. 2021

PRESS RELEASE
048/646.1-PPIDP/DPUPR/IV/2021

TANGSEL – Rencana perbaikan tugu pamulang urung dilaksanakan, akibat terjadinya pandemi Covid-19 yang mengharuskan refocusing anggaran pada semua OPD di Pemerintahan Provinsi Banten. Hal ini tercantum dalam Intruksi Presiden  (Inpres) No. 4 Tahun 2020 Tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas PUPR Provinsi Banten yang sudah merencanakan pembangunan fisik terpaksa harus menunda pelaksanaan sebagian pembangunan karena anggaran difokuskan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19.

Hal tersebut berdampak terhadap perbaikan Tugu Pamulang sesuai dengan usulan perubahan design dari pihak Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang dianggarkan pada Tahun Anggaran 2020. Sama halnya dengan perbaikan Tugu Pamulang, seluruh pembangunan baik fisik dan lainnya yang ada di Provinsi Banten harus tertunda.

Pada tahun 2017 Dinas PUPR Provinsi Banten merencanakan pembangunan Tugu Pamulang dengan desain seperti yang sudah dibangun saat ini. Sementara pembangunannya dilaksanakan pada tahun 2018. Namun di tahun 2019 pihak Pemkot Tangerang Selatan memberikan perubahan usulan design.

“Design yang ada sudah sesuai dengan yang telah dilaksanakan saat ini. Akan tetapi, setelah pembangunan tugu selesai, Pemkot Tangerang Selatan mengusulkan perubahan design. Dan usulan design tersebutlah yang saat ini menjadi viral.” Ujar Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, Moch Tranggono.

Atas usulan tersebut, Dinas PUPR Provinsi Banten pada tahun 2019 melakukan pembahasan bersama yang melibatkan pihak Dinas PUPR Kota Tangerang Selatan. Setelah mendapat kesepakatan terhadap design Tugu Pamulang, maka Pemprov Banten melalui Dinas PUPR Provinsi Banten menganggarkan renovasi Tugu Pamulang pada Tahun 2020. Akibat dampak refocusing, maka kegiatan renovasi Tugu Pamulang akan masuk dalam anggaran perubahan 2021. Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar.

(PRESS RELEASE PPID PEMBANTU DINAS PUPR PROVINSI BANTEN)

 

Serang, 12 April 2021
(KETUA PPID PEMBANTU DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG PROVINSI BANTEN)