Menteri PUPR menghadiri pengalihan aliran sungai Ciberang dalam rangka pembangunan Bendungan Karian


Pemerintah tengah membangun Bendungan Karian di Kab. Lebak, Banten, yang saat ini progres pembangunan fisiknya telah mencapai 38,53%. Hari ini, Rabu (30/8), dilakukan pengalihan aliran Sungai Ciberang dalam rangka pembangunan bendungan tersebut yang dihadiri langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Anggota Komisi V DPR-RI Nusyirwan Soejono,Gubernur Banten Wahidin Halim, Dirjen Sumber Daya Air Imam Santoso.


Bendungan ini diharapkan dpt menjadi solusi atas kebutuhan air yang semakin meningkat di kawasan Jabotabek akibat perkembangan industri dan urbanisasi. Bendungan Karian memiliki kapasitas tampung 314,7 juta m3 dan luas genangan 2.170 ha. Bendungan senilai Rp.1,07 triliun ini nantinya akan mengairi 22 ribu hektar lahan irigasi serta menyediakan air baku untuk keperluan rumah tangga, perkotaan, dan industri untuk Kab. Lebak, Kab. Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan wilayah DKI Jakarta sebesar 9,10 m3/detik, serta untuk Kota Cilegon dan Kab. Serang sebesar 5,5 m3/detik. Manfaat lain adalah pengendalian banjir, penyediaan tenaga listrik 1,8 MW, serta pengembangan wisata air
.
Pembangunan Bendungan Karian dimulai tahun 2015 dan ditargetkan selesai tahun 2019. Pembangunan fisik proyek digarap konsorsium perusahaan asal Korea, PT. Daelim Industrial Co. Ltd dengan PT. Wijaya Karya (WIKA) dan PT Waskita Karya (Persero). Untuk mengalirkan air baku ke sejumlah daerah, dibangun pula jalur air pipa baku Karian-Serpong Conveyance System (KSCS) sepanjang 47,9 km. (Andy Zulfiana)

(Sumber : Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)


Tentang Kami


Statistik Kunjungan