Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Banten Melakukan Penataan Trotoar dan Median Jalan di Kota Serang


SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten melakukan penataan trotoar dan median jalan. Mulai dengan membuat taman, menata trotoar hingga menempatkan kursi-kursi untuk pejalan kaki mulai dilakukan di beberapa titik di Kota Serang.

Ade Gomes, warga Cipare, Kota Serang mengaku senang dengan adanya penataan jalur protokol tersebut. “Kalau bisa semua titik di Kota Serang itu dikasih kursi dan taman, jadi teratur, rapi, bersih. Apalagi sudah ada tempat sampah dan kursi. Baguslah, orang bisa duduk ngobrol-ngobrol,” kata Ade, Kamis (4/1/2018).

Sejak adanya pembenahan trotoar jalan, Ade menilai trotoar terlihat lebih luas dari biasanya. Padahal, sebelumnya trotoar terlihat sempit dan air dari comberan yang mampet kerap meluap tiap kali musim penghujan tiba.

“Kalau sore, warga pada duduk-duduk sekarang di sini. Udah mulai nyaman,” kata dia.

Ia berharap, selain pembenahan trotoar, pemerintah juga memasang lampu di sepanjang jalur tersebut. “Biar kayak di Cilegon tuh bagus, kalau ada lampu hias makin mantep. Nggak usah rapet-rapet,” harapnya.

Jika sudah seperti itu, Ade menambahkan, ia bersama warga setempat mengaku betah dan ingin merawat fasilitas yang ada. “Kita jaga kalau sudah begini. Anggap aja punya sendiri, biar tetap rapi jangan dirusak,” ujarnya.

Kendati demikian, penataan tersebut belum mendapat sambutan hangat dari pemerintah Kota Serang sebagai tuan rumah. Sebab, Pemkot Serang belum terlihat upaya menjaga hasil kerja pihak DPUPR Provinsi Banten.

Hal itu misalnya terlihat dari keberadaan pedagang kaki lima dan tempat parkir yang menggunakan trotoar jalan. Padahal, penataan belum lama ini sudah dilakukan.

“Saya minta pihak Pemkot Serang pro aktif membantu dalam hal menjaga keindahan kota. Kita sudah bangun, tinggal pihak Kota Serang melalui Satpol PP nya juga mengawasi dan menertibkan pedagang kaki lima yangmenggunakan trotoar jalan,” kata Kepala DPUPR Provinsi Banten Hadi Soeryadi kepada BantenNews.co.id melalui sambungan telpon, Kamis (4/1/2018).

Untuk menjaga hasil pekerjaan, Hadi mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Satpol PP Provinsi Banten untuk selanjutnya menggandeng SatPol PP Kota Serang. Dengan langkah tersebut, ia berharap hasil pekerjaan DPUPR bisa dijaga secara bersama-sama. “Kita sudah peringatkan kepada pedagang, tinggal dari pihak Kota Serang yang harus pro aktif.”

Pembenahan jalur protokol di Kota Serang tersebut merupakan instruksi Gubernur Banten Wahidin Halim. “Iya memang Pak Gub (Gubernur) ingin Kota Serang tidak terlihat kumuh. Makanya di beberapa titik kita benahi, mulai dari Jalan Yumaga, arah (Tol) Serang Timur, Benggala, Trip Jamaksari juga kita lakukan pembenahan. Di median jalan juga kita lakukan penghijauan,” kata Hadi. (AZ)

Sumber : www.bantennews.co.id


Tentang Kami


Statistik Kunjungan